Amien Rais: Ahok Sontoloyo, Dia Nggak Tahu Agama Dia

Amien Rais berpidato di kongres BM PAN Jakarta

Beritaterbaru.org. Sepekan menjelang pendaftaran cagub dan cawagub di Pilkada DKI 2017, perdebatan antara calon petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan eks Ketua MPR RI Amien Rais semakin memanas. Cerita bermula saat Ketua Dewan Kehormatan PAN tersebut menjadi khatib salat Idul adha di Masjid Rumah Sakit Islam Sukapura, Jakarta Utara, Senin (12/9) kemarin. Saat itu Amien mengingatkan warga DKI Jakarta agar hati-hati memilih pemimpin yang suka menggusur.

Cagub DKI incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pun merespons dengan sindiran keras. Ahok mengingatkan soal imbauan MUI yang melarang khotbah bermuatan politis.

“Suruh (Amien Rais) baca imbauan MUI,” kata Ahok kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (14/9/2016), seperti diberitakan Detikcom.

Rupanya apa yang disampaikan Ahok memantik respons keras Amien Rais. Di acara Mudzakarah Ulama dan Tokoh Nasional di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Rabu (14/9) malam, Amien bicara A sampai Z soal kepentingan khotbahnya itu.

“Ya si Ahok itu belajar Islam yang benar ya, kan nggak tahu agama Islam, nggak tahu apa-apa dia Islam itu agama yang kaffah, Islam itu bicara soal keadilan, soal kesehatan, soal pendidikan, soal akhlak, soal politik dan lain-lain ya. Jadi seorang khotib tentu melihat hal-hal yang relevan,” kata Ketua Dewan Kehormatan PAN ini.

“Ya karena rakyat Jakarta mau Pilkada makanya saya sisipkan satu paragraf hati-hati, itu bukan memperalat khotbah, bukan. Kalau misalnya saya di daerah yang dimana akhlaknya amburadul, saya bicara tentang moral, kalau saya bicara tentang kemiskinan Islam itu tidak membicarakan kemiskinan, sehingga saya akan berbicara bagaimana cara-cara kesejahteraan rakyat,” imbuhnya.

Amien pun lantas melontarkan sindiran tajam ke Ahok. “Kalau saya bicara depan akademisi, ya pentingnya ilmu pengetahuan, jadi saya kira si Ahok itu memang sontoloyo, dia nggak tahu agama dia,” kata Amien.

Amien kemudian mengkritik sejumlah kebijakan Ahok. Amien pun menyindir Presiden Jokowi yang melarang penegak hukum mempidanakan diskresi.

“Di DKI ini sudah ada yang sangat aneh, kalau kebijakan walaupun itu koruptif menyengsarakan rakyat menghancurkan lingkungan tidak apa-apa, wong itu namanya kebijakan kok itu. Ini saya kira harus kita angkat saudara-saudara kita di media massa itu jangan mau dibodohin, korupsi reklamasi ini menghancurkan lingkungan, nelayan-nelayan kecil itu tetapi korupsi kebijakan itu adalah triliun-triliun. Jadi saya pikir inii yang perlu dibuka supaya ada wacana yang betul-betul ini objektif kebijakan yang koruptif juga bisa diseret ke pengadilan,” kata Amien.

“Oleh karena itu jangan mentang-mentang kebijakan nggak bisa diadili ya. Justru kebijakan itu amati sangat gawat, di luar negeri seorang gubernur buat kebijakan yang menguntungkan diri sendiri langsung habis,” imbuhnya.

Amien kemudian menentang rencana Ahok membuat rusun nelayan di proyek reklamasi “Saya tidak setuju, itu hanya kata-kata pemanis, seperti ternyata rumah susun teryta bukan APBD juga yang manfaatkan kan si Podomoro itu. Ini kan juga ugal-ugalan, jadi keuntungannya sidang mengeluarkan APBD menekan para pengusaha sendiri, itu kan kira-kira loh ya,” katanya.

PAN Tak Akan Dukung Ahok Si Sontoloyo

Amien Rais juga menegaskan tak mungkin partai besutannya akan mendukung Ahok dalam Pilgub DKI 2017 mendatang. Apalagi, PAN akan membentuk 8.000 posko untuk melawan Ahok di Jakarta. Amien Rais mengklaim, jika saat ini umat Islam di Jakarta tengah dihadapkan dengan sosok pemimpin yang melakukan konspirasi politik uang dengan skala yang besar.

Konspirasi ini, lanjutnya, mampu menundukkan berbagai kepentingan demi konspirasi buruk mereka. “Namun, tetap bisa dikalahkan dia dengan ikhtiar dan memohon pertolongan Allah SWT,” katanya.

Saat ditanya apakah dia akan menggelar kongres luar biasa jika sampai PAN mendukung Ahok di Pilgub DKI Jakarta mendatang. Amien hanya menyatakan tidak mungkin PAN mendukung Ahok.

“Itu hanya pembangun saja yah, karena Zulkifli Hasan (Ketum PAN) sudah punya rencana bentuk 8.000 titik (pos) yang akan dibuat melawan Ahok itu,” jelasnya.

“PAN meski tak banyak kursinya, Ketua PAN sudah siapkan titik delapan ribu itu di RT dan RW. PAN tak mungkin dukung si Sontoloyo itu,” tutupnya.

Akhirnya BJ Habibie Angkat Suara Terkait Aksi 212…….
Akhirnya BJ Habibie Angkat Suara Terkait Aksi 212…….
Beritaterbaru.org – Presiden ketiga Indonesia, BJ Habibie
Mantap…! FPI Akan Bangun Posko-posko Bantuan Kemanusiaan di Aceh
Mantap…! FPI Akan Bangun Posko-posko Bantuan Kemanusiaan di Aceh
Beritaterbaru.org – Pengiriman laskar untuk membantu para
Aher Sebut Pembubaran Kebaktian Natal sebagai Perkara Kecil
Aher Sebut Pembubaran Kebaktian Natal sebagai Perkara Kecil
Beritaterbaru.org – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berpendapat,
Kivlan Zein Bantah Mau Makar, Tapi Setuju Mandat Jokowi-JK Dicabut Lewat UUD 1945 Lama
Kivlan Zein Bantah Mau Makar, Tapi Setuju Mandat Jokowi-JK Dicabut Lewat UUD 1945 Lama
Beritaterbaru.org –  Mayjen (Purn) Kivlan Zein membantah

Top