Begini Penampakan Basri dan Istrinya Umi Norma Saat Ditangkap di Hutan Poso

Penangkapan Basri oleh Satgas Tinombala
Penangkapan Basri oleh Satgas Tinombala. (Foto: Detikcom)

Beritaterbaru.org. Mohammad Basri bin Baco Sampe alias Ayas alias Bagong alias Opa berhasil ditangkap oleh Satuan Tugas Tinombala gabungan Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian RI. Tak hanya Basri, istrinya Umi Norma juga ikut dibekuk.

Penangkapan dilakukan pagi tadi sekitar pukul 09.00 Wita, Rabu (14/9/2016). Tak ada perlawanan yang dilakukan Basri. Basri ditangkap lebih dahulu, tidak lama menyusul istrinya Umi Norman. Dari mereka berbagai peralatan lengkap ikut disita antara lain beras dan peralatan dapur.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah, Ajun Komisaris Besar Hari Suprapto mengatakan saat disergap Satgas Tinombala, Basri saat itu bersama istrinya, Nurmi Usman alias Oma dan seorang tak dikenal tidak membawa senjata. Sehingga, kata Hari, sesuai standar prosedur Satgas Tinombala tidak menembak.

“Yang jelas dia (Basri) tidak bersenjata, sehingga sesuai SOP Satgas Tinombala tidak menembak. Tidak ada kontak senjata,” kata Hari kepada wartawan, Rabu (14/9/2016), seperti diberitakan Detikcom.

Langkah Satgas Tinombala yang tidak memberikan tembakkan karena Basri dan kawan-kawan tak bersenjata ini memang sesuai imbauan Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Brigadir Jenderal Rudi Sufahriady.

Umi Norman, istri Basri
Umi Norman, istri Basri. (Detikcom)

Imbauan itu tertuang dalam Surat Maklumat Kapolda Sulteng Nomor: MAK/3/VII/2016 tentang imbauan penyerahan diri pelaku terorisme pasca meninggalnya Santoso. Maklumat tertanggal 22 Juni 2016 itu ditandatangani langsung oleh Rudy.

Kepada para pengikut Santoso yang mau turun gunung dan mempertanggungjawabkan perbuatannya akan diperlakukan secara manusiawi.

Satgas Tinombala masih mencari senjata api milik Basri yang diduga dibuang ke sungai. Selain itu juga Satgas mengevakuasi jenazah Andika, salah satu anggota kelompok Santoso.

Setelah Santoso tewas, Basri diduga naik posisi menjadi ketua kelompok. Kini dia sudah dibekuk dan masih menjalani pemeriksaan kesehatan di RS Bhayangkara Palu.

Postingan Terkait:

Akhirnya BJ Habibie Angkat Suara Terkait Aksi 212…….
Akhirnya BJ Habibie Angkat Suara Terkait Aksi 212…….
Beritaterbaru.org – Presiden ketiga Indonesia, BJ Habibie
Mantap…! FPI Akan Bangun Posko-posko Bantuan Kemanusiaan di Aceh
Mantap…! FPI Akan Bangun Posko-posko Bantuan Kemanusiaan di Aceh
Beritaterbaru.org – Pengiriman laskar untuk membantu para
Aher Sebut Pembubaran Kebaktian Natal sebagai Perkara Kecil
Aher Sebut Pembubaran Kebaktian Natal sebagai Perkara Kecil
Beritaterbaru.org – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berpendapat,
Kivlan Zein Bantah Mau Makar, Tapi Setuju Mandat Jokowi-JK Dicabut Lewat UUD 1945 Lama
Kivlan Zein Bantah Mau Makar, Tapi Setuju Mandat Jokowi-JK Dicabut Lewat UUD 1945 Lama
Beritaterbaru.org –  Mayjen (Purn) Kivlan Zein membantah

Top