Cerita Rapat Maraton di Cikeas yang Munculkan Nama Agus Harimurti

Agus Harimurti, cagub DKI pilihan Koalisi Cikeas
Agus Harimurti, cagub DKI pilihan Koalisi Cikeas. (Instagram)

Agus Harimurti akhirnya diputuskan maju di DKI 1. Keputusan majunya Mayor Agus yang merupakan putra pertama SBY ini, terjadi di menit akhir, setelah selama dua minggu sejumlah pimpinan partai rapat maraton di Cikeas.

Informasi dari salah seorang pimpinan partai yang hadir dalam serangkaian pertemuan itu menyampaikan, dua hari lalu nama Agus baru muncul. Sebelumnya, sejumlah nama sudah beredar dan dipertimbangkan, mulai dari Anies Baswedan, Yusril Ihza, dan juga Sandiaga Uno.

“Nama Anies sempat muncul tapi ada pimpinan partai yang keberatan. Kemudian nama Yusril juga masuk, tapi adalagi pimpinan partai yang juga keberatan,” terang pimpinan partai yang tak mau namanya ditulis saat berbincang, Jumat (23/9/2016).

Nah kalau Sandiaga, nama itu akhirnya mental setelah Gerindra dan PKS memisahkan diri dari Koalisi Cikeas yang terdiri atas PPP, PKB, PAN, dan Demokrat. Waktu terus berjalan, nama harus segera diputuskan.

Kasak-kusuk di PD akhirnya memunculkan nama Agus. Pimpinan partai lain, juga memberi dukungan. Kemudian Syarif Hasan dan Amir Syamsuddin yang juga pimpinan Demokrat yang menyorongkan nama ini ke SBY.

Kenapa Agus yang akhirnya diputuskan maju? Banyak pertimbangan, sosok Agus ini dinilai memiliki pengalaman militer, jenjang pendidikannya juga bagus karena pernah di Harvard, dan Agus akan mudah diterima di kalangan anak muda yang merupakan pemilih potensial. Tengok saja akun media sosial Agus di instagram.

“SBY dan Ibu Ani sempat terkejut,” tutur pimpinan partai itu menceritakan soal akhirnya nama Agus muncul.

SBY kemudian melakukan kontak dengan Agus yang tengah berada di Darwin, Australia dalam rangka latihan militer.

“Keputusannya ya atau tidak, karena waktu semakin mepet,” imbuh dia.

Agus sempat meminta waktu berpikir, tak lama kemudian kata ya didapat. Agus maju di Pilgub DKI. Begitu urusan Agus selesai, tak lantas disandingkan dengan Sylviana. Agus ditawarkan ke koalisi Gerindra dan PKS. Tapi pihak Gerindra menerima asal Agus menjadi Cawagub, dan Sandiaga di posisi Cagub. Soal ini yang membuat komunikasi mentah.

Koalisi Cikeas kembali rapat dan akhirnya diputuskan menggodok calon pendamping Agus. “Muncul dua nama, Sylviana dan Saefullah,” tulis pimpinan partai itu.

Setelah dipertimbangkan masak-masak, nama Sylviana diputuskan. Dengan pertimbangan mewakili perempuan, memiliki pengalaman birokrasi, dan memiliki koneksi dengan massa Betawi.

Dan pada dini hari tadi, koalisi Cikeas memutuskan mengumumkan nama Agus dan Sylviana. “Ini bisa menandingi Ahok,” tutur pimpinan partai itu yakin.

Tinggal waktu yang akan berbicara, apakah nanti jalan Agus mulus di DKI 1? Atau Agus hanyalah tokoh penggembira di pesta demokrasi tersebut.

Postingan Terkait:

Kivlan Zein Bantah Mau Makar, Tapi Setuju Mandat Jokowi-JK Dicabut Lewat UUD 1945 Lama
Kivlan Zein Bantah Mau Makar, Tapi Setuju Mandat Jokowi-JK Dicabut Lewat UUD 1945 Lama
Beritaterbaru.org –  Mayjen (Purn) Kivlan Zein membantah
Ramalan Mengejutkan Fahri Hamzah Tentang Jokowi…..!
Ramalan Mengejutkan Fahri Hamzah Tentang Jokowi…..!
Beritaterbaru.org – Kongres Nasional I Keluarga Alumni
Sri Mulyani: Utang AS dan Jepang Berkali-kali Lipat dari RI, Tapi Nggak Bangkrut !
Sri Mulyani: Utang AS dan Jepang Berkali-kali Lipat dari RI, Tapi Nggak Bangkrut !
Beritaterbaru.org – Mendengar tentang utang kadang menakutkan.
Ahmad Dhani Cs Diciduk Polisi, Fahri Hamzah Protes…!
Ahmad Dhani Cs Diciduk Polisi, Fahri Hamzah Protes…!
Beritaterbaru.org – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah

Top