Cerita Sutiknyo @Lostpacker Soal Videonya Dicolong Bandara Cengkareng

Sutiknyo berpose dengan video karyanya dicolong di Bandara Soekarno-Hatta
Sutiknyo berpose dengan video karyanya dicolong di Bandara Soekarno-Hatta. (Twitter @lostpacker)

Sekitar 13 jam yang lalu, linimasa sosial media Twitter milik seorang travel blogger @Lostpacker mendadak ramai. Travel blogger bernama asli Sutiknyo tersebut, berkeluh kesah menyebut konten videonya telah dicomot tanpa izin dan digunakan sebagai materi promosi wisata di area Terminal 2F, Bandara Soekarno Hatta yang dikelola PT Angkasa Pura II.

Sutiknyo memastikan bahwa video tersebut miliknya. Watermark yang ada di tepian video, kata dia, dibuang.

Begitu mendapati komplain dari Sutiknyo, AP II lantas bergerak melakukan penelusuran. AP II mengkonfirmasi ke PT Boomee yang merupakan vendor yang menggarap space iklan di bandara.

“Terhadap kasus ini, kami meminta maaf kepada Pak Sutiknyo. Kami sudah berbicara dengan mitra kami, PT Boomee dan mereka memang mengakui bahwa video tersebut memang bukan milik mereka,” kata Senior General Manager Angkasa Pura II Suriawan Wakan ketika dikonfirmasi, Minggu (11/9/2016), seperti diberitakan Detikcom.

Wakan mengatakan PT AP II siang ini langsung mengirimkan surat teguran atau peringatan kepada PT Boomee atas insiden ini. Selanjutnya, PT AP II akan mengundang Sutiknyo dan juga PT Boomee untuk bertemu guna membahas permasalahan ini lebih lanjut.

“Kami akan melakukan komunikasi dan mengundang ke Pak Sutiknyo untuk berbicara lebih lanjut. Kami juga ingin mendengar masukan-masukan lain dari dia,” ujar Wakan.

“Untuk mitra, kami berikan surat peringatan. Surat peringatan pertama,” ujar Wakan.

Sutiknyo, pria yang berprofesi sebagai travel blogger ini menyatakan permintaan maaf saja tidak cukup. Dia akan mengajukan permintaan ganti rugi kepada PT Boomee atas pelanggaran hak cipta tersebut.

“Ini merupakan persoalan yang tidak bisa selesai dengan permintaan maaf. Kasus seperti ini tidak boleh terulang,” kata Sutiknyo.

PT AP II menawarkan mediasi kepada Sutiknyo dan PT Boomee untuk membahas persoalan ini lebih jauh. Dalam pertemuan itu nantinya, Sutiknyo akan menyampaikan permintaan ganti rugi tersebut.

“Teknisnya seperti apa nanti saya akan dibantu teman-teman yang mengerti hukum. Kalau saya sendri masih di luar terus, jadi pertemuan palingan baru bisa minggu depan,” ujar Sutiknyo.

Meskipun demikian, Sutiknyo mengapresiasi langkah PT Angkasa Pura II. Ada itikad baik dari mereka untuk menyelesaikan masalah ini.

“Pertama, sedih sih. Hasil kerja keras saya selama ini seperti tidak dihargai. Saya menghabiskan banyak waktu, belajar editing, beli alat-alat, pergi ke lokasi-lokasi yang remote dan jarang dikunjungi orang, semua itu demi bikin konten video yang bagus. Sudah susah-susah bikin konten, tapi diambil begitu saja tanpa izin,” ceritanya.

Sutiknyo pun mengenang saat dia pertama kali membuat konten video traveling. Semua itu dilakukannya sejak 3 tahun yang lalu, sampai-sampai Sutiknyo harus berhenti kerja secara total demi menekuni bidang ini.

“Awalnya dimulai 3 tahun yang lalu, saya sampai keluar kerja. Saya merasa sedih, konten-konten video traveling kita yang bagus-bagus malah dibuat oleh traveler dari luar negeri. Itu yang menyemangati saya untuk terus membuat konten video traveling yang bagus,” ujar Sutiknyo.

Meski sedih dan marah, namun Sutiknyo tetap mengapresiasi langkah cepat PT Angkasa Pura II dalam mengatasi kasus pencomotan video ini. Menurutnya, sudah ada itikad baik dari pihak Angkasa Pura II untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Sri Mulyani: Utang AS dan Jepang Berkali-kali Lipat dari RI, Tapi Nggak Bangkrut !
Sri Mulyani: Utang AS dan Jepang Berkali-kali Lipat dari RI, Tapi Nggak Bangkrut !
Beritaterbaru.org – Mendengar tentang utang kadang menakutkan.
Ahmad Dhani Cs Diciduk Polisi, Fahri Hamzah Protes…!
Ahmad Dhani Cs Diciduk Polisi, Fahri Hamzah Protes…!
Beritaterbaru.org – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah
Nyatakan Siap Bela Ratna Sarumpaet Cs, Alasan Yusril Ternyata Begini….!!
Nyatakan Siap Bela Ratna Sarumpaet Cs, Alasan Yusril Ternyata Begini….!!
Beritaterbaru.org – Pakar hukum tata negara Yusril
Dengan Berat Hati, Tim Advokasi GNPF-MUI Terima Ahok Tidak Ditahan
Dengan Berat Hati, Tim Advokasi GNPF-MUI Terima Ahok Tidak Ditahan
Beritaterbaru.org –  Sebanyak 25 orang anggota dari

Top