Hebat…!! Buruh Bekasi dan Jabar Demo Tolak Gubernur DKI sampai Tolak Tax Amnesty

Buruh berjumlah ratusan mendatangi Balaikota DKI untuk berujuk rasa. Kamis (29/9/2016)


Beritaterbaru.org – Ratusan buruh yang berunjuk rasa mulai tiba di Balai Kota DKI Jakarta. Salah satu tuntutannya, menolak Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Para buruh yang tiba langsung mendapat pengawalan dari personel polisi yang berjaga. Pantauan Kompas.com, Kamis (29/9/2016), massa buruh tersebut tiba sekitar pukul 10.00 WIB.

Setelah tiba, pimpinan unjuk rasa di lokasi mengatur formasi buruh untuk menghadap arah kantor Ahok tersebut. Sambil membawa bendera serikat buruh, ratusan buruh itu mengawali aksi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Berbagai spanduk bertuliskan aspirasi buruh juga dibawa. Misalnya bertuliskan “Upah Minimum 2017 Naik Rp 650.000” dan “Tolak Gubernur Yang Tukang Gusur dan Diduga Korupsi RS Sumber Waras, Lahan Cengkareng, dan Reklamasi”.

Para buruh menuntut Ahok untuk menghapus upah murah di Jakarta. Buruh meminta kenaikan upah minimum provinsi (UMP) dari yang sekarang DKI Rp 3.100.000, ditambah Rp 650.000.

“Sudah cukup DKI upah di bawah Karawang dan Bekasi, hari ini kita menuntut kenaikan upah Rp 650.000,” kata salah satu orator aksi, di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis siang.

Aksi ini mendapat pengawalan dari pihak kepolisian. Lalu lintas depan Balai Kota masih dibuka bagi kendaraan namum hanya separuh jalur. Pihak kepolisian mengawal ketat aksi tersebut.

Terkait aksi massa buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Polda Metro Jaya telah menyiapkan antisipasi kemacetan yang diprediksi bakal terjadi karena demo buruh tersebut.

“Gabungan KSPSI cabang Tangerang, Bekasi dan Karawang akan unjuk rasa di depan Istana Negara, DPR RI, Kantor Jamsostek dan Kemenakertrans. Banyaknya massa yang akan turun ke jalan diperkirakan akan menyebabkan masalah keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Ibu Kota,” ucap Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto di Jakarta, Rabu, 28 September 2016.

Dia membeberkan rencana pengaturan lalu lintas jika nantinya terjadi peningkatan konsentrasi massa dan peningkatan eskalasi.

“Masyarakat kami imbau agar menghindari jalan Gatsu setelah Semanggi arah barat, jalan Gatsu setelah Semanggi arah Timur dan jalan Gatsu setelah TL Kuningan arah timur,” terang Budiyanto.

Untuk mengurangi terjadinya kepadatan arus lalu lintas pada ruas jalan tersebut, dia juga mengimbau masyarakat menggunakan rute-rute terdekat dari ruas jalan.

“Kami mengimbau juga kepada masyarakat untuk selalu mengikuti petunjuk dan arahan petugas Polri di jalan yang melakukan penjagaan dan pengaturan arus lalu lintas,” ucap Budiyanto.

Sementara Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, aksi tersebut dilakukan lantaran kebijakan tersebut tak berpihak pada buruh.

“Tanggal 29 September organisir aksi secara nasional KSPI di 20 provinsi,” ujarnya di Jakarta, Selasa (27/9).

Untuk di Jakarta sendiri, lanjutnya, terdapat 20 ribu akan dikerahkan dalam aksi ini. Buruh ini berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

“Jabodetabek 20 ribu lebih. Titiknya Balai Kota, long march ke MK, Istana, MA, KPK,” sebutnya.

Said menuturkan, aksi ini juga menuntut pemerintah untuk menghapus rezim upah murah. Dia meminta pemerintah menaikkan upah buruh sebanyak Rp650 ribu pada tahun 2017.

“Kita ke istana untuk (meminta) menaikkan upah minimum Rp650 ribu tahun depan,” kata Said.(*)


Penulis: Dian Ariyani 

URL : http://www.Beritaterbaru.org/2016/09/hebat-buruh-bekasi-dan-jabar-demo-tolak.html

Mantap…! FPI Akan Bangun Posko-posko Bantuan Kemanusiaan di Aceh
Mantap…! FPI Akan Bangun Posko-posko Bantuan Kemanusiaan di Aceh
Beritaterbaru.org – Pengiriman laskar untuk membantu para
Aher Sebut Pembubaran Kebaktian Natal sebagai Perkara Kecil
Aher Sebut Pembubaran Kebaktian Natal sebagai Perkara Kecil
Beritaterbaru.org – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berpendapat,
Kivlan Zein Bantah Mau Makar, Tapi Setuju Mandat Jokowi-JK Dicabut Lewat UUD 1945 Lama
Kivlan Zein Bantah Mau Makar, Tapi Setuju Mandat Jokowi-JK Dicabut Lewat UUD 1945 Lama
Beritaterbaru.org –  Mayjen (Purn) Kivlan Zein membantah
Ramalan Mengejutkan Fahri Hamzah Tentang Jokowi…..!
Ramalan Mengejutkan Fahri Hamzah Tentang Jokowi…..!
Beritaterbaru.org – Kongres Nasional I Keluarga Alumni

Top