Ini Alasan SBY Usung Agus Harimurti Maju Pilgub DKI Versi Indo Barometer

Anissa Pohan dampingi Agus Harimurti dan Sylviana Murni
Anissa Pohan dampingi Agus Harimurti dan Sylviana Murni. (Detikcom)

Beritaterbaru.org. Sebelum nama Agus Harimurti Yudhoyono muncul sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2017-2022, hampir semua lembaga survei tak memasukkan nama putra sulung Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu dalam jajak pendapat atau survei yang mereka gelar.

Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari mengibaratkan Agus sebagai calon gubernur dari ‘langit’ yang muncul tiba-tiba. Menurut dia ada dua faktor yang kemungkinan menjadi penyebab SBY akhirnya merestui sang putra yang kariernya tengah cemerlang di TNI itu untuk terjun ke politik.

Pertama dari faktor internal yakni cita-cita dari keluarga besar SBY yang semuanya ingin terjun ke politik. Gelaran pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang digelar Februari 2017 nanti menjadi kesempatan bagi keluarga SBY.

“Keluarga Pak SBY ini trennya akan menuju (dunia) politik. Mas Agus ini dari mayor menuju jenderal itu masih lama. Kesempatan Pilgub DKI ini diambil oleh keluarga Cikeas. Kalau sukses menjadi gubernur bisa saja jadi presiden,” kata Qodari saat berbincang dengan detikcom, Minggu (25/9/2016).

Faktor kedua, kata Qodari, Koalisi Cikeas tak memiliki figur yang layak diajukan untuk melawan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat. “Figur yang ada sudah mentok elektabilitasnya. Sulit dipaksakan untuk maju. Kalaupun didorong maka hasilnya hampir pasti ketahuan,” tutur Qodari.

“Daripada maju perang tapi pasti kalah, lebih baik melakukan eksperimen politik dengan memunculkan nama baru tapi punya potensi. Kalau ‘jurusnya’ benar (Agus) bisa jadi pemenang,” tambahnya.

Agus yang berpasangan dengan Sylviana Murni sebagai calon wakil gubernur ini diusung oleh Koalisi Cikeas. Koalisi ini terdiri dari Partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN.

Di DPRD DKI Jakarta Partai Demokrat memiliki 10 kursi, PPP 10 kursi, PKB 6 kursi dan PAN 2 kursi. Total kursi pendukung Agus-Sylvi di DPRD yaitu 28 kursi.

Adapun perolehan suara keempat partai itu pada Pemilu 2014 lalu adalah Partai Demokrat 360.929 suara, PPP 452.224 suara, PKB 260.159 suara, dan PAN 172.784 suara. Total jumlah suara keempat parpol, yaitu 1.246.096 suara.

Postingan Terkait:

Ahmad Dhani Cs Diciduk Polisi, Fahri Hamzah Protes…!
Ahmad Dhani Cs Diciduk Polisi, Fahri Hamzah Protes…!
Beritaterbaru.org – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah
Nyatakan Siap Bela Ratna Sarumpaet Cs, Alasan Yusril Ternyata Begini….!!
Nyatakan Siap Bela Ratna Sarumpaet Cs, Alasan Yusril Ternyata Begini….!!
Beritaterbaru.org – Pakar hukum tata negara Yusril
Dengan Berat Hati, Tim Advokasi GNPF-MUI Terima Ahok Tidak Ditahan
Dengan Berat Hati, Tim Advokasi GNPF-MUI Terima Ahok Tidak Ditahan
Beritaterbaru.org –  Sebanyak 25 orang anggota dari
Pakar Hukum: Jangan Paksakan Keinginan untuk Menahan Ahok
Pakar Hukum: Jangan Paksakan Keinginan untuk Menahan Ahok
Beritaterbaru.org – Meskipun Gubernur nonaktif DKI Jakarta

Top