Ini Isi Lengkap Putusan MKD Pulihkan Nama Baik Setya Novanto

Putusan MKD Pulihkan Nama Baik Setya Novanto
Putusan MKD Pulihkan Nama Baik Setya Novanto. (Detikcom)

Beritaterbaru.org. Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR memulihkan nama baik Setya Novanto di kasus ‘Papa Minta Saham’ berbekal putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Putusan berdasarkan permintaan Fraksi Golkar itu menyebut harkat dan martabat Setya Novanto dipulihkan.

Wakil Ketua MKD Sarifuddin Sudding mengungkap MKD memutuskan memulihkan nama Setya Novanto dalam sidang Selasa (27/9) kemarin. Putusan ini diteken oleh Ketua MKD DPR Sufmi Dasco Ahmad. Namun, surat keputusan MKD yang beredar di kalangan wartawan DPR belum diberi nomor.

Ada tiga putusan terkait pemulihan nama baik tersebut. Soal pemulihan nama baik Novanto ada di poin nomor 3 .

Berikut isi lengkap putusan MKD DPR:

1. Mengabulkan Permohonan Peninjauan Kembali Yang Terhormat Saudara Drs. Setya Novanto, Ak., (A-300/F-PG) terhadap proses Persidangan atas Perkara Pengaduan Saudara Sudirman Said.

2. Menyatakan bahwa proses persidangan perkara tidak memenuhi syarat hukum untuk memberikan Putusan Etik karena berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 20/PUU-XV/2016 tanggal 7 September 2016 bahwa Alat Bukti rekaman elektronik sebagai Alat Bukti utama dalam proses persidangan MKD adalah tidak sah.

3. Memulihkan harkat dan mertabat serta nama baik Yang Terhormat Saudara Drs. Setya Novanto, Ak., (A-300/F-PG) dan pihak-pihak lain yang terkait dalam Proses Persidangan MKD.

Putusan ini dianggap tidak tepat karena proses di MKD adalah soal etika.

“Ini membuktikan DPR lembaga politik. MKD bagian dari DPR, karena itu, mereka jadi tidak bisa membedakan mana masalah hukum dan etika,” kata anggota Komisi III DPR Ruhut Sitompul, Rabu (28/9/2016).

Ruhut tidak memungkiri putusan Mahkamah Konstitusi yang mengabulkan gugatan Novanto soal penyadapan dan permufakatan jahat. Namun, dia mengingatkan bahwa proses di MKD adalah soal etika yang harusnya tak tercampur dengan hasil MK.

“Ini kan masalah etika. Apa pantas pejabat negara pimpinan DPR kongkow-kongkow dengan pengusaha dan kaitannya papa minta saham,” ungkap politikus Partai Demokrat ini.

Menurut Ruhut, seharusnya putusan MK tidak membuat MKD merehabilitasi hasil sidangnya. Tapi lagi-lagi, dia melihat MKD sudah politis.

“Harusnya tidak mengubah putusan. Dia kan dihukum karena masalah etika. Ini enggak pas. Tapi ya kan jadi pas karena mereka lembaga politik,” ucap Ruhut.

Dia pun menolak bila rehabilitasi ini jadi peluang Novanto kembali jadi ketua DPR lagi setelah namanya dipulihkan. “Ya enggak. Kalau mau ambil lagi itu tenggelam lah Golkar,” imbuhnya.

Postingan Terkait:

Kivlan Zein Bantah Mau Makar, Tapi Setuju Mandat Jokowi-JK Dicabut Lewat UUD 1945 Lama
Kivlan Zein Bantah Mau Makar, Tapi Setuju Mandat Jokowi-JK Dicabut Lewat UUD 1945 Lama
Beritaterbaru.org –  Mayjen (Purn) Kivlan Zein membantah
Ramalan Mengejutkan Fahri Hamzah Tentang Jokowi…..!
Ramalan Mengejutkan Fahri Hamzah Tentang Jokowi…..!
Beritaterbaru.org – Kongres Nasional I Keluarga Alumni
Sri Mulyani: Utang AS dan Jepang Berkali-kali Lipat dari RI, Tapi Nggak Bangkrut !
Sri Mulyani: Utang AS dan Jepang Berkali-kali Lipat dari RI, Tapi Nggak Bangkrut !
Beritaterbaru.org – Mendengar tentang utang kadang menakutkan.
Ahmad Dhani Cs Diciduk Polisi, Fahri Hamzah Protes…!
Ahmad Dhani Cs Diciduk Polisi, Fahri Hamzah Protes…!
Beritaterbaru.org – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah

Top