Karena Hidup Miskin, Ibu di China Bunuh 4 Anaknya dengan Kapak Lalu Bunuh Diri

Kondisi tempat tinggal pelaku dan korban
Kondisi tempat tinggal pelaku dan korban. (SCMP)

Seorang ibu di China tega membunuh keempat anaknya sendiri dengan kapak dan kemudian bunuh diri. Aksi ini dilakukan karena kondisi keluarganya yang hidup miskin. Insiden ini memicu kemarahan publik dan perdebatan soal kesenjangan antara kaya dan miskin.

Seperti dilansir AFP, Rabu (14/9/2016), wanita bernama Yang Gailan (28) ini menggunakan kapak untuk menghabisi nyawa ketiga anak perempuannya yang berusia 6 tahun, 5 tahun dan 3 tahun, serta anak laki-lakinya yang berusia 5 tahun di Provinsi Gansu.

Disampaikan kepolisian Gansu, Yang kemudian menghabisi nyawanya dengan meminum pestisida. Suami Yang, Li Keying, juga ikut bunuh diri dengan meminum racun selang dua minggu kemudian, setelah istri dan anak-anaknya dimakamkan.

Keluarga Yang ini merupakan salah satu dari sekian banyak keluarga miskin di desa Agushan. Yang tinggal bersama suami dan keempat anaknya dengan kakek-neneknya di sebuah rumah kecil beralaskan tanah. Keluarga ini memiliki tiga sapi dan 12 ayam yang menjadi harta paling berharga mereka.

Ketika ditemukan oleh neneknya, Yang yang tergeletak di atas rumput masih hidup dan bisa berbicara. Di sebelahnya terdapat botol kosong pestisida, ceceran darah dan jasad keempat anaknya. Saat dilarikan ke rumah sakit, Yang terus mengatakan ‘jangan selamatkan saya’.

Laporan menyebut, dewan desa setempat tidak mengabulkan tunjangan penghasilan rendah untuk keluarga Yang. Tunjangan itu diberikan tahunan, kepada setiap warga dewasa, dengan batasan penghasilan per tahun sekitar 2.300 yuan atau setara Rp 4,5 juta. Laporan berbagai media menyebut, korupsi menjadi faktor penyebab ditolaknya tunjangan untuk keluarga Yang, yakni karena mereka tidak mampu menyuap pejabat lokal.

“Masyarakat kita brutal, masyarakat pemakan sesamanya,” sebut warga setempat via Weibo, layanan media sosial seperti Twitter di China.

“Sungguh mencerminkan kenyataan menyakitkan akibat kemiskinan di China. Di satu sisi, para pejabat korup menggelapkan ratusan juta (yuan) dan kalangan kaya menghabiskan ribuan (yuan) setiap harinya, saling berkompetisi menghabiskan lebih banyak uang, sementara di sisi lain mereka yang miskin kehilangan harapan hidup,” tulis pakar ekonomi Bank Agrikultural China, Xiang Songzuo.

Kivlan Zein Bantah Mau Makar, Tapi Setuju Mandat Jokowi-JK Dicabut Lewat UUD 1945 Lama
Kivlan Zein Bantah Mau Makar, Tapi Setuju Mandat Jokowi-JK Dicabut Lewat UUD 1945 Lama
Beritaterbaru.org –  Mayjen (Purn) Kivlan Zein membantah
Ramalan Mengejutkan Fahri Hamzah Tentang Jokowi…..!
Ramalan Mengejutkan Fahri Hamzah Tentang Jokowi…..!
Beritaterbaru.org – Kongres Nasional I Keluarga Alumni
Sri Mulyani: Utang AS dan Jepang Berkali-kali Lipat dari RI, Tapi Nggak Bangkrut !
Sri Mulyani: Utang AS dan Jepang Berkali-kali Lipat dari RI, Tapi Nggak Bangkrut !
Beritaterbaru.org – Mendengar tentang utang kadang menakutkan.
Ahmad Dhani Cs Diciduk Polisi, Fahri Hamzah Protes…!
Ahmad Dhani Cs Diciduk Polisi, Fahri Hamzah Protes…!
Beritaterbaru.org – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah

Top