Kini Ada 2 Jenderal Bintang 4 di Polri, Budi Gunawan dan Kapolri Tito

Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal Budi Gunawan
Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal Budi Gunawan. (Detikcom)

Budi Gunawan kini sudah berpangkat jenderal bintang empat setelah dilantik menjadi Kepala BIN. Dengan demikian, ada 2 jenderal bintang 4 aktif yang berada di tubuh Polri.

Menurut Kadiv Humas Polri, Irjen Boy Rafli Amar, kenaikan pangkat Budi Gunawan menjadi Jenderal Polisiini berdasarkan Keputusan Presiden.

“Pak Budi Gunawan dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi menjadi Jenderal Polisi, berdasarkan keputusan Presiden,” kata Boy di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Jumat (9/9/2016), seperti diberitakan Detikcom.

Kata Boy, adanya 2 jenderal bintang 4 di tubuh Polri tidak menjadi masalah. Pasalnya, secara struktural hanya ada satu jenderal bintang 4 di Polri, yakni Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

“Ya, tapi kan di luar institusi. Artinya tidak di struktural yang satu. Yang satu itu kan di luar, di BIN karena ini kan jabatan setara dengan menteri, pimpinan lembaga, jadi tidak masalah,” kata Boy.

Boy menjelaskan, bukan kali ini saja ada 2 jenderal bintang 4 di Polri. Beberapa waktu lalu, ada juga kejadian serupa ketika Jenderal Sutarman diberhentikan sebagai Kapolri padahal masih dalam masa dinas aktif.

“Pernah ada, Pak Sutarman kan pensiun masih 8 bulan aktif. Dulu Pak Dai Bahtiar usia 55 sudah turun, padahal 58 baru pensiun. Jadi prinsipnya kalau dalam struktural ya pasti satu. Ini kan on job, tapi job-nya bukan di dalam Mabes Polri,” jelas Boy.

“Kalau kepala, polisi tetap maksudnya belum pensiun, kalau purna beliau kan tahun depan, masih Desember akhir. Jadi Pak BG statusnya Pati Mabes Polri yang mendapatkan tugas di BIN,” tegas Boy.

Sore ini Budi Gunawan resmi menjabat Kepala BIN menggantikan Sutiyoso. Sesaat setelah dilantik oleh Presiden Jokowi, Budi Gunawan keluar dengan seragam dinas polisi, lengkap dengan 4 bintang yang tersemat di bahunya.

“Pertama-tama, Alhamdullilah hari ini saya sudah secara resmi menjadi Kepala BIN sekaligus dinaikkan pangkat menjadi jenderal polisi bintang 4,” ujar Jenderal Budi Gunawaan sesaat setelah pelantikan.

Nyatakan Siap Bela Ratna Sarumpaet Cs, Alasan Yusril Ternyata Begini….!!
Nyatakan Siap Bela Ratna Sarumpaet Cs, Alasan Yusril Ternyata Begini….!!
Beritaterbaru.org – Pakar hukum tata negara Yusril
Dengan Berat Hati, Tim Advokasi GNPF-MUI Terima Ahok Tidak Ditahan
Dengan Berat Hati, Tim Advokasi GNPF-MUI Terima Ahok Tidak Ditahan
Beritaterbaru.org –  Sebanyak 25 orang anggota dari
Pakar Hukum: Jangan Paksakan Keinginan untuk Menahan Ahok
Pakar Hukum: Jangan Paksakan Keinginan untuk Menahan Ahok
Beritaterbaru.org – Meskipun Gubernur nonaktif DKI Jakarta
Mantap…!! 39 Bendungan Mangkrak Bakal Rampung di Era Jokowi, Ini Daftarnya
Mantap…!! 39 Bendungan Mangkrak Bakal Rampung di Era Jokowi, Ini Daftarnya
Beritaterbaru.org –  Dua bendungan ditargetkan selesai konstruksinya

Top