Kriminolog Ronny Nitibaskara: Jessica Punya 4 dari 22 Ciri Psikopat

Kriminolog UI, Ronny Nitibaskara
Kriminolog UI, Ronny Nitibaskara. (Warta Kota)

Dalam sidang lanjutan kopi sianida di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (1/9/2016), Kriminolog yang juga Penasehat Kapolri Bidang Kriminologi, Prof. Ronny Rasman Nitibaskara menegaskan bahwa Jessica Kumala Wongso yang didakwa atas pembunuhan berencana terhadap Wayan Mirna Salihin, bukanlah psikopat.

“Saya sampai pada satu kesimpulan, di awal BAP yang pertama. Saya menulis bahwa saya menduga ada unsur-unsur psikopat dalam diri Jessica tapi saya katakan ini perlu diteliti kembali,” kata Ronny saat bersaksi, seperti diberitakan Detikcom.

Ronny menjelaskan, berdasarkan literatur yang ia baca, ada 22 ciri dari seorang psikopat. Namun, Jessica hanya memenuhi 4 dari 22 ciri tersebut.

“Saya temukan dia cuma 4. Tapi kalau dengan scoring dilakukan bahkan terori Hart di Amerika dengan scanning dan segala macem itu, akan ketahuan seseorang psikopat atau tidak. Saya meralat kembali dia bukan psikopat,” jelas Ronny.

“Menurut saya setelah saya melihat itu semua, maka beliau ini memperoleh termasuk tipe yang disebut gabungan narsistik kemudian emotionally unstable personality. Mudah berubah-ubah memiliki kebutuhan yang besar untuk dicintai, tetapi memiliki sedikit kemampuan untuk mempertahankan hubungan yang dibina tersebut, tidak suka dikritis sensitif dan sebagainya,” lanjutnya.

Selain itu, disebutkan juga emotionally unstable personality memiliki ciri-ciri selalu melihat pada yang menyakiti dirinya, selaku mengingat kesalahan orang lain, dan mengungkit luka.

Sesudahnya, Ronny juga memberikan analisa bentuk wajah mengungkap sejumlah perilaku Jessica. Di antaranya memiliki sifat pendendam namun bisa melunak bila dibujuk.

“Dagu yang bersangkutan menunjukkan sifat keras kepala, tidak suka ditekan, lebih banyak menekan kemarahan, sehingga tidak menutup kemungkinan menjadi pendendam. Ada ciri bisa melunak bila dibujuk,” ucapnya.

Postingan Terkait:

Akhirnya BJ Habibie Angkat Suara Terkait Aksi 212…….
Akhirnya BJ Habibie Angkat Suara Terkait Aksi 212…….
Beritaterbaru.org – Presiden ketiga Indonesia, BJ Habibie
Mantap…! FPI Akan Bangun Posko-posko Bantuan Kemanusiaan di Aceh
Mantap…! FPI Akan Bangun Posko-posko Bantuan Kemanusiaan di Aceh
Beritaterbaru.org – Pengiriman laskar untuk membantu para
Aher Sebut Pembubaran Kebaktian Natal sebagai Perkara Kecil
Aher Sebut Pembubaran Kebaktian Natal sebagai Perkara Kecil
Beritaterbaru.org – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berpendapat,

Top