PDIP Desak Jokowi Ganti Kepala BIN Sutiyo dengan Budi Gunawan?

Komjen Pol Budi Gunawan akan menjadi KaBIN
Komjen Pol Budi Gunawan akan menjadi KaBIN. (Liputan6.com)

Surat dari Presiden Joko Widodo untuk pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) sudah masuk ke DPR. Kepala BIN Sutiyoso diganti dengan Komjen Budi Gunawan yang saat ini menjadi Wakil Kepala Polri (Wakapolri). Namun hingga saat ini pergantian itu belum juga dilakukan oleh Jokowi.

Pakar Komunikasi Politik Tjipta Lesmana menilai, ada partai politik yaitu PDIP yang sengaja mengembuskan isu soal pergantikan kepala BIN. Padahal, partai politik tak boleh mengintervensi presiden untuk mengganti para pembantunya.

“Kepala BIN diangkat dan diberhentikan presiden. Kepala BIN tidak boleh didrop oleh partai politik. (Jika itu terjadi) tidak bagus untuk kepentingan bangsa negara,” kata Tjipta di Jakartaā€ˇ, Jumat (2/9/2016).

Tjipta heran dengan isu akan ada pergantian Kepala BIN oleh Jokowi belum lama ini. Dia menengarai, ada pihak yang sengaja melemparkan isu pergantian kepala BIN. Ia melihat ada kepentingan tertentu terhadap isu ini.

“Kenapa yang lempar bola salah satu partai? Kenapa ini? Ada apa ini? Nah kita bingung, kenapa? Orang yg melempar isu ini tidak memberikan alasan? Kenapa? Kenapa musti diganti?. Tidak ada yang bisa menjelaskan kenapa Sutiyoso harus dicopot,” ujar dia.

Ketimbang mempersoalkan rumor tersebut, lanjut Tjipta, ada baiknya membahas perbaikan terhadap institusi BIN. Misalnya, memberikan kewenangan lebih dalam menjalankan tugasnya.

Sebab, kata dia, urusan mengangkat dan memberhantikan Kepala BIN merupakan hak Presiden. Terlebih, saat ini tidak ada urgensi mengganti kepala BIN.

“Sebaiknya kita memberi keleluasaan kepada Presiden, kita percayakan Presiden. Sekali lagi kita hormati Presiden,” Tjipta menandaskan.

Lalu bagaimana tanggapan PDIP?

Politikus PDIP Trimedya Panjaitan mengatakan partainya tidak meminta Presiden Joko Widodo untuk memberikan posisi Kepala BIN kepada Komjen Pol Budi Gunawan. Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Hukum, HAM, dan Perundang-undangan tersebut menegaskan penunjukan Kepala BIN adalah hak prerogatif presiden dengan melihat kapasitas Budi.

“Tidak ada permintaan PDI-P. Presiden jokowi yang memilihnya. Kalau bicara minta, kan kami berharap BG (Budi Gunawan) tadinya jadi Kapolri,” ujar Trimedya, saat dihubungi, Jumat (2/9/2016).

Ia menilai, Budi mampu memimpin BIN dengan segudang pengalaman yang dimilikinya karena sudah berdinas di Kepolisian lebih dari 30 tahun.

Ahmad Dhani Cs Diciduk Polisi, Fahri Hamzah Protes…!
Ahmad Dhani Cs Diciduk Polisi, Fahri Hamzah Protes…!
Beritaterbaru.org – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah
Nyatakan Siap Bela Ratna Sarumpaet Cs, Alasan Yusril Ternyata Begini….!!
Nyatakan Siap Bela Ratna Sarumpaet Cs, Alasan Yusril Ternyata Begini….!!
Beritaterbaru.org – Pakar hukum tata negara Yusril
Dengan Berat Hati, Tim Advokasi GNPF-MUI Terima Ahok Tidak Ditahan
Dengan Berat Hati, Tim Advokasi GNPF-MUI Terima Ahok Tidak Ditahan
Beritaterbaru.org –  Sebanyak 25 orang anggota dari
Pakar Hukum: Jangan Paksakan Keinginan untuk Menahan Ahok
Pakar Hukum: Jangan Paksakan Keinginan untuk Menahan Ahok
Beritaterbaru.org – Meskipun Gubernur nonaktif DKI Jakarta

Top