Prof Ong Saksi Ahli Jessica Heran Kehadirannya Dipersoalkan

Ahli Patologi dari Universitas Queensland Australia Profesor Beng Ong
Ahli Patologi dari Universitas Queensland Australia Profesor Beng Ong. (Liputan6.com)

Saksi ahli dari pihak Jessica Kumala Wongso, Prof Beng Beng Ong pagi tadi dideportasi dari Indonesia karena terbukti menyalahgunakan visa kunjungan. Ahli Patologi dari Queensland University ini heran kehadirannya dalam sidang Jessica Kumala Wongso sebagai ahli, dipersoalkan dan berujung pada pencekalan.

“Nggak apa-apa, dia heran saja sama pihak di sini. Ahli kok dipermasalahkan? Padahal kan dia memberi pencerahan, penerangan di sini,” ujar anggota tim pengacara Jessica, Yudi Wibowo Sukinto, Rabu (7/9/2016), seperti diberitakan Detikcom.

Prof Ong meninggalkan Jakarta melalui Bandara Soekarno-Hatta pada sekitar pukul 04.00 WIB tadi. Deportasi dan pencekalan dilakukan terhadap Ong karena dianggap pihak Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM menyalahi visa kunjungan dengan bekerja.

“Nanti kan setelah 6 bulan dia bisa masuk lagi ke Indonesia,” kata Yudi.

Padahal menurut Yudi, kehadiran Prof Ong sebagai ahli bukan termasuk dalam kategori bekerja. Dia menyebut tidak ada aturan yang menyebut ahli persidangan merupakan pekerjaan sebagai subjek pajak.

“Tidak ada pekerjaan itu saksi ahli atau memberi keterangan sebagai ahli. Itu bukan mata pencaharian. Ada nggak ahli disebut subyek pajak? Nggak ada seperti itu,” sambung Yudi.

“Kalau menjadi ahli yang memberi keterangan di sidang itu dikategorikan bekerja, itu tidak tepat karena tidak diatur UU,” imbuhnya.

Yudi yang mengaku ikut mengantar Prof Ong saat ke Bandara Soekarno-Hatta, menegaskan keterangan Ong sangat berguna untuk mematahkan dakwaan jaksa penuntut umum saat hadir dalam persidangan pada Senin (5/9).

“Saya sampaikan terima kasih ke Beng Ong. Dia ahli forensik internasional pernah tangani bom Bali, 2.500 lebih soal forensik dan patologi,” imbuhnya.

Dipilihnya Prof Ong menjadi ahli dari pihak Jessica menurut Yudi disepakati setelah saudara Jessica yang berada di Australia meminta bantuan Ong.

“Saudara Jessica di Australia kenal Beng Ong, ditanya mau nggak membantu? Akhirnya dia bersedia,” sebut Yudi.

Prof Ong dicegah pihak imigrasi Bandara Soekarno-Hatta saat hendak berangkat ke Singapura sebelum ke Australia pada pukul 04.00 WIB, Selasa (6/9). Dia menyalahgunakan visa kunjungan karena menghadiri sidang Jessica Kumala Wongso dan memberi keterangan sebagai ahli.

“OBB (Prof Ong) menggunakan menggunakan BVK (bebas visa kunjungan), tapi menjadi saksi ahli. Kegiatan tidak sesuai dengan saksi ahli. Kalau begitu harusnya ya (menggunakan) vitas (visa tinggal sementara),” ujar Kepala Kantor Imigrasi Klas I Khusus Jakpus, Tato Juliadin Hidayawan.

Dalam keterangannya di sidang Jessica, Prof Ong menyebut erosi atau pengikisan yang terjadi pada lambung Wayan Mirna Salihin bukan karena zat sianida. Menurutnya pengikisan tersebut karena jenazah sudah diformalin.

“Pada waktu itu (pengambilan sampel lambung Mirna) jenazah sudah diformalin, temuan adanya erosi atau pengikisan itu menurut hemat saya agak tidak lazim dengan mengasumsikan korban benar-benar menelan sianida,” kata Ong, Senin (5/9).

Rencananya, pihak Jessica akan menghadirkan sejumlah ahli lain yang akan mematahkan dakwaan jaksa soal penyebab kematian Mirna.

Postingan Terkait:

Ahmad Dhani Cs Diciduk Polisi, Fahri Hamzah Protes…!
Ahmad Dhani Cs Diciduk Polisi, Fahri Hamzah Protes…!
Beritaterbaru.org – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah
Nyatakan Siap Bela Ratna Sarumpaet Cs, Alasan Yusril Ternyata Begini….!!
Nyatakan Siap Bela Ratna Sarumpaet Cs, Alasan Yusril Ternyata Begini….!!
Beritaterbaru.org – Pakar hukum tata negara Yusril
Dengan Berat Hati, Tim Advokasi GNPF-MUI Terima Ahok Tidak Ditahan
Dengan Berat Hati, Tim Advokasi GNPF-MUI Terima Ahok Tidak Ditahan
Beritaterbaru.org –  Sebanyak 25 orang anggota dari
Pakar Hukum: Jangan Paksakan Keinginan untuk Menahan Ahok
Pakar Hukum: Jangan Paksakan Keinginan untuk Menahan Ahok
Beritaterbaru.org – Meskipun Gubernur nonaktif DKI Jakarta

Top