Sudah WNI, Arcandra Tahar Diangkat Lagi Jadi Menteri?

Mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar
Mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar. (Antara)

Beritaterbaru.org. Mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar sudah dikukuhkan kembali menjadi warga negara Indonesia oleh pemerintah. Muncul kemudian isu bahwa Arcandra akan kembali jabat Menteri ESDM. Benarkah?

“Tanya Presiden,” jawab Menko Maritim sekaligus Plt Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan di kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2016).

“Layak atau tidak Arcandra Tahar kembali jadi Menteri ESDM?” tanya wartawan kemudian.

“Menurut kamu? Karena itu bukan domain saya, jadi saya enggak mau jawab. Tapi dia orang baik, orang pintar,”

Pengukuhan kembali Arcandra menjadi WNI menuai pro dan kontra. Begitu pula dengan wacana pengangkatan kembali dirinya jadi menteri.

Luhut enggan berkomentar soal status kewarganegaraan Arcandra. Soal kemungkinan Arcandra kembali jadi menteri pun menurutnya adalah hak prerogatif Presiden.

“Kamu senang enggak (kalau Arcandra jadi WNI lagi)? Kalau kamu senang, ya saya senang. Ha ha ha,” ucap Luhut.

Sementara itu, Ketua Bidang Energi dan Energi Terbarukan DPP Partai Golkar Eni Saragih, menilai tak ada masalah jika Arcandra diangkat lagi oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri ESDM.

“Saya tidak mau berdebat soal kewarganegaraan, tapi dengan dia memilih WNI ya kita sangat apresiasi. Mungkin dengan memilih menjadi menteri di awal, dia memilih WNI. Itu perlu diapresiasi, apalagi Arcandra dari referensinya sangat menguasai (persoalan migas) di hulu,” ucap Eni.

Menurut Eni, polemik atau kritik atas status kewarganegaran Arcandra pasti ada, meski sudah diterbitkan pengesahan dari Menkum HAM. Namun dengan sendirinya polemik itu juga akan hilang melalui kerja-kerja Arcandra ke depan.

“Kalau Pak Jokowi mersa Arcandra pas, saya pikir polemik itu akan hilang. Apalagi kalau dia sudah turun dan berbuat untuk bangsa,” ujar anggota komisi VII DPR itu.

Eni juga mengingatkan bahwa kewenangan untuk mengangkat atau memberhentikan menteri ada pada hak prerogatif Presiden Jokowi, karena itu bagi Golkar tak ada masalah.

“Selama Arcandra bisa berbuat untuk bangsa ini dan memang dia punya keahlian untuk itu, dan Pak Jokowi juga tahu Arcandra bisa memberikan sumbangan untuk bangsa ini, no problem lah. Anggap saja kemarin ada yang miss, tapi tak ada niat begitu (dwi kewarganegaraan),” kata Eni.

Kewarganegaraan Indonesia Arcandra hilang setelah dia memiliki paspor AS. Sementara itu kewarganegaraan AS Arcandra juga otomatis hilang setelah dirinya dilantik menjadi menteri. Namun Menkum HAM Yasonna Laoly mengungkap bahwa status WNI Arcandra sudah dikukuhkan kembali.

Postingan Terkait:

Akhirnya BJ Habibie Angkat Suara Terkait Aksi 212…….
Akhirnya BJ Habibie Angkat Suara Terkait Aksi 212…….
Beritaterbaru.org – Presiden ketiga Indonesia, BJ Habibie
Mantap…! FPI Akan Bangun Posko-posko Bantuan Kemanusiaan di Aceh
Mantap…! FPI Akan Bangun Posko-posko Bantuan Kemanusiaan di Aceh
Beritaterbaru.org – Pengiriman laskar untuk membantu para
Aher Sebut Pembubaran Kebaktian Natal sebagai Perkara Kecil
Aher Sebut Pembubaran Kebaktian Natal sebagai Perkara Kecil
Beritaterbaru.org – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berpendapat,
Kivlan Zein Bantah Mau Makar, Tapi Setuju Mandat Jokowi-JK Dicabut Lewat UUD 1945 Lama
Kivlan Zein Bantah Mau Makar, Tapi Setuju Mandat Jokowi-JK Dicabut Lewat UUD 1945 Lama
Beritaterbaru.org –  Mayjen (Purn) Kivlan Zein membantah

Top