Disambut Ratusan Orang, Jokowi Resmikan BBM Satu Harga untuk Papua. Warga Yahukimo Menangis Terharu…!!


Beritaterbaru.org – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan program Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga untuk Papua, di Dekai, Ibu Kota Kabupaten Yahukimo, Papua. Dalam kunjungannya, Jookowi didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto.

Jokowi tiba di Bandara Yahukimo sekitar pukul 09.05 WIT setelah melakukan penerbangan dari Bandara Sentani, Jayapura sekitar pukul 08.00 WIT. Sebelumnya Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Papua telah lebih dulu hadir, dan langsung menyambut Jokowi.


Turun dari pesawat, Jokowi yang datang bersama dengan Ibu Negara, Iriana Jokowi, disambut dengan tarian adat Papua. Tampak sumringah, Jokowi bersemangat sambil memegang jaket yang biasa dikenakannya, menyalami satu per satu penari adat Papua yang menyambutnya.

Sesampainya di lokasi peresmian, Jokowi disambut ratusan masyarakat Papua yang telah menunggunya.

“Sudah seminggu kita menunggu Bapak Presiden, akhirnya bisa langsung melihat Bapak Presiden ke Yahukimo,” ujar Diana salah seorang warga kepada detikFinance.


Sesaat setelah sampai Jokowi melambaikan tangan kepada ratusan masyarakat Yahukimo yang telah menunggunya dari batas pagar Bandara. Sambil melambaikan tangannya, Jokowi menyampaikan bahwa ia berjanji akan menghampiri mereka nanti.

“Halo. Apa kabar? Nanti ya,” ujar dia menyapa masyarakat Yahukimo yang ingin menyalaminya langsung.

Dalam sambutannya, Jokowi sempat salah menyebutkan nama daerah Yahukimo menjadi Yakohimo. Ia mengaku kerap melakukan kesalahan penyebutan nama daerah saking seringnya melakukan kunjungan ke daerah.

“Selamat pagi Bapak, Ibu sekalian masyarakat Papua. Khususnya masyarakat Yakohimo. Yahukimo. Saya setiap hari pindah-pindah kabupaten, jadi kalau nyebut sering banyak yang keliru,” katanya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga  meresmikan Bandara Udara Nop Goliat Dekai, di Ibu Kota Kabupaten Yahukimo, Papua, Selasa (18/10/2016). Dalam pidatonya, Presiden mengatakan Bandara Udara Nop Goliat Dekai adalah salah satu dari tujuh bandara perintis yang menghubungkan 517 desa di Kabupaten Yahukimo.

Inilah manfaat sebuah hubungan, manfaat sebuah konektivitas, bukan masalah megah-megahan infrastruktur tetapi kita harapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Yahukimo,” katanya. Untuk itu Presiden berpesan agar bandara ini dapat dirawat dan dijaga dengan baik. 

Ia pun berharap bandara ini akan semakin menunjang perekonomian masyarakat Yahukimo sehingga bisa bersaing dengan daerah maupun negara lain. “Sekarang ini era kompetisi, eranya persaingan, kalau infrastrukturnya dalam posisi yang sama maka semuanya akan bisa bersaing dalam apapun,” katanya. 

Presiden mengakui bahwa panjang landasan pacu Bandara Udara Dekai masih relatif pendek 1.950 meter sehingga perlu diperpanjang agar pesawat besar bisa mendarat. “Tadi sudah saya sampaikan kepada Menteri Perhubungan agar diperpanjang lagi menjadi 2.500 meter. Nanti (pesawat) Boeing bisa turun ke sini,” harap Presiden. Jokowi memberikan target dua tahun paling lama harus selesai. “Saya beri waktu dua tahun maksimal harus jadi. Kalau yang lain panjang di sini juga harus panjang,” katanya.

Sementara Bupati Yahukimo, Habock Busup, mengapresiasi kedatangan Jokowi pertama kalinya ke Kabupaten Yahukimo. Bersamaan dengan diresmikannya Bandara Nop Goliat Dekai di Yahukimo, diharapkan dapat mendongkrak ekonomi masyarakat Yahukimo.



“Terima kasih banyak Bapak Presiden. Warga masyarakat Yahukimo senang sekali. Hanya satu-satunya yang Bapak Presiden punya pesawat mendarat di sini, dan warga di sini menangis. Warga masyarakat Yahukimo juga menangis karena pesawat Hercules juga bisa mendarat di sini. Dan Bapak Presiden satu – satunya yang mewujudkannya. Dan hari ini seluruh masyarakat Yahukimo, di gunung-gunung dan lembah senang Bapak datang ke tempat ini, meskipun tidak kelihatan. Kami menangis terharu” ujar Bupati Yahukimo saat memberikan sambutannya.

Dalam lawatannya ini, Jokowi meresmikan Bandara Nop Goliat Dekai di Yahukimo dan program BBM Satu Harga untuk Papua yang digagas oleh Pertamina. Jokowi juga meninjau pesawat air tractor khusus pengangkut BBM yang diimpor Pertamina dari Kanada. Ini menjadi bagian dari upaya Pertamina menjangkau wilayah-wilayah pegunungan di Papua untuk penyaluran BBM. (hns/hns)

URL : http://www.Beritaterbaru.org/2016/10/disambut-ratusan-orang-jokowi-resmikan.html

Akhirnya BJ Habibie Angkat Suara Terkait Aksi 212…….
Akhirnya BJ Habibie Angkat Suara Terkait Aksi 212…….
Beritaterbaru.org – Presiden ketiga Indonesia, BJ Habibie
Mantap…! FPI Akan Bangun Posko-posko Bantuan Kemanusiaan di Aceh
Mantap…! FPI Akan Bangun Posko-posko Bantuan Kemanusiaan di Aceh
Beritaterbaru.org – Pengiriman laskar untuk membantu para
Aher Sebut Pembubaran Kebaktian Natal sebagai Perkara Kecil
Aher Sebut Pembubaran Kebaktian Natal sebagai Perkara Kecil
Beritaterbaru.org – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berpendapat,
Kivlan Zein Bantah Mau Makar, Tapi Setuju Mandat Jokowi-JK Dicabut Lewat UUD 1945 Lama
Kivlan Zein Bantah Mau Makar, Tapi Setuju Mandat Jokowi-JK Dicabut Lewat UUD 1945 Lama
Beritaterbaru.org –  Mayjen (Purn) Kivlan Zein membantah

Top