Ini Solusi Pertamina Bikin Harga BBM di Papua Sama dengan di Jawa

Presiden Jokowi memberikan sepeda saat berdialog dengan warga Papua
Presiden Jokowi memberikan sepeda saat berdialog dengan warga Papua. (Setneg)

Beritaterbaru.org. Di sela-sela peresmian BBM Satu Harga untuk Papua di Kabupaten Yahukimo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan harga BBM bisa sama di seluruh Indonesia mulai tahun depan. Saat ini, pemerintah tengah fokus untuk mengatasi harga BBM yang perbedaannya cukup tinggi seperti di wilayah Kalimantan dan Papua tadi.

“Tahun depan bisa (BBM satu harga seluruh Indonesia). Tahun ini kan kira-kira gap-nya yang lebar baru kita dekati. Beberapa juga masih ada yang harganya Rp 12.000-13.000/liter. Itu nanti pada tahapan ke dua,” tutur dia, Selasa (18/10/2016).

Lanjut Jokowi, ia tidak mempermasalahkan adanya perbedaan harga BBM oleh pengecer setelah membeli dari lembaga penyalur resmi. Namun demikian, ia meminta untuk tetap menjaga marginnya agar tidak dirasa berat oleh masyarakat.

Untuk itu, ia meminta kepada pemerintah daerah dan pihak keamanan untuk terus mengawal apabila terdapat ketimpangan harga yang cukup tinggi di tingkat pengecer.

“Kalau eceran ambil untung sedikit nggak papa, tapi jangan sampai seperti yang saya sebutkan. Kalau sudah tidak wajar, harganya Rp 25.000, itu tidak wajar karena belinya hanya Rp 6.450,” tutur dia.

“Nanti Pak Kapolda di sini untuk juga ikut mengawasi harga itu sampai di masyarakat. Artinya semuanya pada posisi harga itu. Sekarang sudah, tetapi ada sebagian yang masih diecer dengan harga yang menurut saya masih dengan harga tidak wajar,” tambahnya.

Hal ini diamini oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto. Menurutnya, dengan berbagai upaya yang telah ditempuh oleh Pertamina saat ini, diharapkan BBM satu harga bisa dapat dirasakan oleh seluruh wilayah Indonesia pada tahun depan.

“Jadi Desember sudah akan datang kira-kira dua (pesawat). Dan lima tadi kita harapkan tidak hanya cover Papua, tapi juga Kalimantan Utara, Maluku bagian Utara. Seperti arahan Bapak Presiden, bahwa 2017, nusantara satu harga bisa kita selesaikan,” jelasnya.

Menurut Dwi Soetjipto, ada 4 program utama yang dijalankan untuk mengatasi mahalnya harga BBM itu

Pertama, mengembangkan 9 lembaga penyalur di 8 kabupaten. 7 kabupaten diantaranya di Provinsi Papua dan 1 kabupaten di Provinsi Papua Barat, yang telah berjalan sejak 16 Agustus dan yang terakhir di Intan Jaya Oktober ini.

Kedua, membangun dan mengembangkan kapasitas storage di lembaga penyalur (APMS/Agen Premium & Minyak Solar), untuk menjaga ketahanan stok di daerah pegunungan tengah dan kabupaten Jaya Wijaya. Seperti Kabupaten Intan Jaya, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Illuga, Puncak, Tolikara dan Pegunungan Arfak.

Ketiga, penggunaan pesawat khusus pengangkut BBM, yakni air tractor, yang berkapasitas 4.000 liter (4 kiloliter), yang dioperasikan melalui anak usaha Pertamina, Pelita Air Service ke daerah-daerah yang sulit dijangkau.

“Saat ini ada dua air tractor. Satu untuk Kalimantan Utara, dan satu untuk Papua yang saat ini sedang jalan. Kami laporkan juga bulan Desember yang akan datang, akan datang lagi pesawatnya yang akan membantu distribusi di Papua,” ujar Dwi Soetjipto, saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan di Kabupaten Yahukimo, Papua, Selasa (18/10/2016).

Keempat, untuk memenuhi kebutuhan biaya distribusi (transportasi) ini, Pertamina menetapkan kebijakan subsidi silang, di mana untuk Papua dan Papua Barat kami perkirakan sekitar Rp 800 miliar per tahun.

Dwi menambahkan, keseluruhan program dilakukan di atas sudah terlaksana. Mulai saat ini kebijakan BBM satu harga di Papua dan Papua Barat sudah siap untuk diwujudkan dengan harga BBM untuk premium Rp 6.450 dan solar sebesar Rp 5.150 per liter.

“Dan ini tidak di tempat SPBU tetapi di tempat lembaga penyalur yang lebih rendah yakni di APMS,” pungkas Dwi.

Postingan Terkait:

Mantap…! FPI Akan Bangun Posko-posko Bantuan Kemanusiaan di Aceh
Mantap…! FPI Akan Bangun Posko-posko Bantuan Kemanusiaan di Aceh
Beritaterbaru.org – Pengiriman laskar untuk membantu para
Aher Sebut Pembubaran Kebaktian Natal sebagai Perkara Kecil
Aher Sebut Pembubaran Kebaktian Natal sebagai Perkara Kecil
Beritaterbaru.org – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berpendapat,
Kivlan Zein Bantah Mau Makar, Tapi Setuju Mandat Jokowi-JK Dicabut Lewat UUD 1945 Lama
Kivlan Zein Bantah Mau Makar, Tapi Setuju Mandat Jokowi-JK Dicabut Lewat UUD 1945 Lama
Beritaterbaru.org –  Mayjen (Purn) Kivlan Zein membantah
Ramalan Mengejutkan Fahri Hamzah Tentang Jokowi…..!
Ramalan Mengejutkan Fahri Hamzah Tentang Jokowi…..!
Beritaterbaru.org – Kongres Nasional I Keluarga Alumni

Top