Menkum HAM: Dirjen HAM Gugat Karena Pihak Laundry Menantang ke Pengadilan

Dirjen HAM Mualimin Abdi
Dirjen HAM Mualimin Abdi. (KemenkumHAM)

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly menyesalkan perilaku anak buahnya, Dirjen HAM Mualimin Abdi yang menggugat Fresh Laundry sebesar Rp 210 juta gara-gara hasil laundry tak memuaskan.

“Pak Mualimin mengeluhkan hasil laundry mengkerut itu baju. Jadi sudah dibicarakan baik-baik dengan orang laundry nggak direspons. Dibilang lah, ini masa enggak diganti? katanya. Pihak sana (laundry) nantang sudahlah kalau nggak senang ke pengadilan. Tapi mereka sudah damai,” ujar Laoly, Sabtu (8/10/2016) malam, seperti diberitakan Detik.com.

Menkum menegaskan kedua pihak sudah berdamai, tidak lagi melanjutkan persoalan ke proses hukum. “Sudah damai itu. Sudah saya konfirmasi,” kata Yasonna menegaskan.

Laoly mengaku memahami sikap Mualimin. Namun dia berharap kejadian seperti ini tidak lagi terulang. Kepada Laoly, Mualimin menegaskan tidak punya maksud lain dari gugatannya selain untuk meminta pertanggungjawaban pihak jasa laundry.

“Memang kadang-kadang juga begini. Kadang-kadang memang kan mungkin itu jas yang bagus mungkin. Jadi maunya juga dalam dagang juga ada pelayanan. Digugat maksudnya untuk memberi pelajaran, pelajaran melayani customer,” sambung dia.

Mualimin melayangkan gugatan ke Fresh Laundry sebesar Rp 210 juta. Namun pada Kamis (6/10) Mualimin mencabut gugatannya di Pengadilan Negeri Jaksel dan menyelesaikan persoalan dengan kekeluargaan.

“Sempat maju di pengadilan tapi sekarang sudah damai, sudah OK mereka. Saya bilang jangan sampai ribut lah. Itu sudah lama ceritanya. Tapi kasusnya dipanggil di pengadilan lalu mereka damai,” sambungnya.

Mualimin Abdi dilantik sebagai Dirjen HAM pada April 2015. Setahun setelahnya, jabatan Mualimin bertambah dengan dipercaya menjabat Ketua Majelis Kehormatan Notaris. Mualimin juga sempat menjadi Plt Dirjen Peraturan Perundangan saat Wahidudin Adams dilantik menjadi hakim konstitusi.

Lalu siapakah Mualimin? Ia merupakan PNS senior di Kemenkum HAM. Ia sempat menjadi Kasubdit Penyiapan dan Pembelaan Persidangan Kemenkum HAM dan Direktur Litigasi Kemenkum HAM. Dengan posisi itu, ia satu dasawarsa lebih beracara di MK mewakili pemerintah kala ada UU yang digugat.

Postingan Terkait:

Ahmad Dhani Cs Diciduk Polisi, Fahri Hamzah Protes…!
Ahmad Dhani Cs Diciduk Polisi, Fahri Hamzah Protes…!
Beritaterbaru.org – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah
Nyatakan Siap Bela Ratna Sarumpaet Cs, Alasan Yusril Ternyata Begini….!!
Nyatakan Siap Bela Ratna Sarumpaet Cs, Alasan Yusril Ternyata Begini….!!
Beritaterbaru.org – Pakar hukum tata negara Yusril
Dengan Berat Hati, Tim Advokasi GNPF-MUI Terima Ahok Tidak Ditahan
Dengan Berat Hati, Tim Advokasi GNPF-MUI Terima Ahok Tidak Ditahan
Beritaterbaru.org –  Sebanyak 25 orang anggota dari
Pakar Hukum: Jangan Paksakan Keinginan untuk Menahan Ahok
Pakar Hukum: Jangan Paksakan Keinginan untuk Menahan Ahok
Beritaterbaru.org – Meskipun Gubernur nonaktif DKI Jakarta

Top