Tim Ahok-Djarot: Survei LSI Denny JA Tendensius Giring Opini

Tim Data dan Informasi Pemenangan Ahok-Djarot, Eva Kusuma Sundari
Tim Data dan Informasi Pemenangan Ahok-Djarot, Eva Kusuma Sundari. (Detikcom)

Beritaterbaru.org. Lingkar Survei Indonesia (LSI) pimpinan Denny JA kembali merilis survei terkait Pilgub DKI 2017. Mereka menyimpulkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat kalah jika head to head melawan Anies Baswedan-Sandiaga atau pun Agus Harimurti-Sylviana Murni.

“Tendensius karena menggiring opini sekaligus ngomporin kelompok yang menggunakan SARA sebagai strategi untuk menggalang massa dan menggiring opini publik,” kata Tim Data dan Informasi Pemenangan Ahok-Djarot, Eva Kusuma Sundari, Sabtu (8/10/2016), seperti diberitakan Detikcom.

Menurut Eva, waktu perilisan survei itu terkesan disengaja di tengah polemik video Ahok terkait surat Al Maidah ayat 51. Terlebih judul rilis survei itu adalah ‘Isu Agama Kalahkan Ahok?’, sehingga menguatkan kesan penggiringan opini.

“Euforia kok disurvei? Padahal Pilkada masih 5 bulan lagi, belum ada kampanye dan debat yang selalu merupakan faktor signifikan dalam pengambilan keputusan,” imbuh Eva.

Eva menganggap ada pihak lain yang memfasilitasi adanya survei. Meski, LSI Denny JA pernah menyampaikan bahwa survei adalah biaya sendiri.

“Survei jenis kampanye, curi start karena seperti ada koordinator dan memfasilitasi anti Ahok atau penantang ahok,” sebut politikus PDIP tersebut.

PDIP juga memiliki mekanisme survei untuk Pilgub DKI. Tetapi survei tersebut masih belum dilakukan.

Sementara itu peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfarabie menyampaikan kemungkinan alasan hasil survei mereka ramai diperbincangkan.

“Mengapa (hasil survei kita) ramai? Karena narasinya tentu berbeda, sebelumnya kan muncul Ahok sangat perkasa dan kita munculkan Ahok potensial kalah. Kita bukan hanya melihat siapa yang di atas siapa yang unggul. Ada indikasi penurunan elektabilitas. Di bulan Juli ke Oktober 2016 ada penurunan 18 persen itu angka yang sangat besar di Pilkada, saya pikir ini jarang sekali terjadi, kalau dari bulan Maret sampai 28 persen,” ujar Adjie Alfarabie dalam diskusi yang dihelat oleh Sindotrijaya FM di Warung Daun, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat.

Nyatakan Siap Bela Ratna Sarumpaet Cs, Alasan Yusril Ternyata Begini….!!
Nyatakan Siap Bela Ratna Sarumpaet Cs, Alasan Yusril Ternyata Begini….!!
Beritaterbaru.org – Pakar hukum tata negara Yusril
Dengan Berat Hati, Tim Advokasi GNPF-MUI Terima Ahok Tidak Ditahan
Dengan Berat Hati, Tim Advokasi GNPF-MUI Terima Ahok Tidak Ditahan
Beritaterbaru.org –  Sebanyak 25 orang anggota dari
Pakar Hukum: Jangan Paksakan Keinginan untuk Menahan Ahok
Pakar Hukum: Jangan Paksakan Keinginan untuk Menahan Ahok
Beritaterbaru.org – Meskipun Gubernur nonaktif DKI Jakarta
Mantap…!! 39 Bendungan Mangkrak Bakal Rampung di Era Jokowi, Ini Daftarnya
Mantap…!! 39 Bendungan Mangkrak Bakal Rampung di Era Jokowi, Ini Daftarnya
Beritaterbaru.org –  Dua bendungan ditargetkan selesai konstruksinya

Top